Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pablo Escobar, Bandar Paling Berbahaya dalam Sejarah dan Penjahat yang Terkaya di Dunia By Guru Gembul

 


Kepoen.com-Pablo Escobar, Bandar Paling Berbahaya dalam Sejarah dan Penjahat yang Terkaya di Dunia By Guru Gembul-Halo semua selamat datang kembali di kepoen.com kalau pada tahun 1974 seorang jenderal Augusto José Ramón Pinochet Ugarte dari Chile berhasil untuk menggulingkan kekuasaan dan menjadikan dirinya sebagai pemimpin otoriter di negara yang dimaksud itu adalah sponsor dari Amerika Serikat.

maka yang dilakukannya adalah membersihkan orang-orang kiri dari negaranya kemudian oposisi juga dihancurkan, dia telah menangkapi kemudian menyiksa dan membunuh orang-orang yang tidak mau bekerjasama dengan pemerintahan dan tidak seideologi dengan ideologi kapitalis liberal.

Di Indonesia kita juga menemukan sosok yang seperti itu pada diri Soeharto mereka berdua memiliki banyak sekali kesamaan karena sama-sama ada di zaman yang sama sama-sama disponsori oleh Amerika Serikat sama-sama berkuasa dengan latar belakang militer dan apa yang mereka lakukan sama-sama membantai orang-orang oposisi dan orang-orang kiri yang tidak suka dengan atau tidak sejalan dengan gagasan mereka.

Apakah Mereka kejam? tentu saja kejam tapi ada sisi positif disitu dimana Augusto José Ramón Pinochet Ugarte kemudian menghabisi semua kartel kartel narkoba yang ada di Chile Jadi mereka ditangkap disiksa dan dibunuh semuanya, sampai nyaris tanpa sisa hanya tinggal kriminal kriminal kecilnya saja, di sisi yang lain di Amerika Serikat sedang mengalami sebuah kultur sosok yang sangat luar biasa.

Jadi ceritanya sejak tahun 1960-an sampai 1990-an di Amerika Serikat itu terjadi kegoncangan kultur yang sangat luar biasa karena mereka baru menyadari kondisi yang sesungguhnya jadi sains dan teknologi berkembang dengan sangat pesat tetapi orang-orang Amerika Serikat pada waktu itu tidak ya tidak bisa melihat itu karena pandangannya teralihkan pada ancaman Perang Dunia 1 dan Perang Dunia Kedua.

ketika Perang Dunia Kedua usai Dan kemudian rakyat Amerika Serikat disuguhi oleh perang ideologi yaitu ya perang dingin maka rakyatnya itu kemudian menjadi bingung makanya di Amerika Serikat itu tahun 60an sampai tahun 90- an itu fenomena perubahan sangat-sangat radikal. 

jadi misalkan ilmu sosial itu baru ke masuk ke Universitas di Amerika Serikat itu tahun 70-an, kemudian cerita-cerita tentang konspirasi baik itu Illuminati Freemason atau Bumi datar atau elit global dan sebagainya. Itu juga muncul tahun segituan cerita tentang orang-orang hippies itu muncul tahun segituan juga kemudian munculnya internet munculnya komputer dan perkembangan perkembangan teknologi yang sekarang membagongkan saat ini.

tahun 60an sampai tahun 90-an, karena itu di Amerika Serikat sebagai awal mula dari pergerakan, banyak sekali orang-orang yang tidak bisa beradaptasi terhadap perubahan yang sangat radikal pada waktu itu yang menyebabkan banyak diantara mereka itu khususnya anak-anak muda terjerumus kepada narkoba.

nah kemudian  mari kita hubungkan disatu Sisi rakyat Amerika Serikat sangat membutuhkan narkoba karena kegoncangan kultur, tetapi disisi lain Augusto José Ramón Pinochet Ugarte  menghentikan suplai narkoba dari Amerika Latin. 

maka dari situlah kemudian muncul sesosok pahlawan yang kemudian dileuh-eluhkan oleh para penjual dan pengguna narkoba di Amerika Serikat pada waktu itu yaitu kemunculan Pablo Escobar seorang penjahat paling kaya di dunia dan paling berbahaya dan seorang kartel yang bener bener tidak bisa muncul lagi dalam sejarah jadi kita akan bahas orang itu jadi Ayo kita mulai.

 



Mengenal Pablo Escobar Sebagai Penjahat Terkaya di Dunia

ketika Pablo Escobar meninggal 2 Desember tah un 1993 dia diketahui memiliki harta kekayaan sekitar 1000 Triliun Rupiah 1000 Triliun Rupiah itu kalau dikonversikan ke mata uang Rupiah dan dikonversikan dengan nilai mata uang hari ini, dengan jumlah kekayaan yang sebesar itu menempatkannya menjadi salah satu orang terkaya di dunia dan penjahat paling kaya dalam sejarah.

darimana dia mendapatkan harta kekayaan seperti itu? semuanya dimulai dari hal yang sangat-sangat sederhana di adalah kriminal Biasa, kerjaan awalnya adalah jualan rokok ilegal jualan tiket calo tiket pertandingan bola, hal-hal yang semacam itu tetapi tempat itu memberikan kepada dia tantangan yang mengerikan yang kalau dia tidak bisa bertahan disitu dia akan mati. 

pada waktu itu dia dikejar-kejar sama polisi dan dia juga harus bersaing dengan para penjahat yang lain dan Escobar pada waktu itu mulai melakukan yang kemudian menjadi filosofi hidupnya yaitu “ketika berhadapan dengan lawan dia akan memberikan pilihanmu surga atau neraka”.

Jadi maksudnya kalau misalkan menjadi lawan- lawan itu akan diperangi sampai salah satu diantara mereka akan mati kalau misalkan tidak seperti itu kalau misalkan si lawannya itu tidak mau melawan Maka sih lawan itu akan diberikan uang atau akses untuk mendapatkan kekayaan yang luar biasa atau bekerjasama.

jadi pilihannya Hanya seperti itu saja gitu yang dilakukan Escobar kepada lawan-lawannya karena diapun merasa diperlakukan seperti itu oleh takdir kehidupan dan dia kemudian menyasar kepada kriminal kriminal yang lain masuk nggak sama geng saya kalau masuk “ayo gabung kita dapat kekayaan yang besar sama-sama merintis sebagai penjahat, kalau tidak seperti itu maka kamu saya bunuh begitu seterusnya” sampai karena dia memiliki kekuatan yang cukup dan keberuntungan dan kecerdasan akhirnya dia menjadi salah satu kriminal yang paling kuat di wilayahnya Medellin.

Pada akhirnya dia mendirikan kartel Medellin yang sangat terkenal itu, 2 tahun setelah kartel yang ada di Chile itu berhenti beroperasi gara-gara dihentikan oleh pemerintah begitu, lalu apa yang dia lakukan? yang dia lakukan itu adalah dia kemudian mengumpulkan koka sebanyak-banyaknya pertama dia nanam sendiri kemudian dia membeli dari criminal-kriminal yang lain, kemudian dia jadikan sebagai serbuk kemudian dijual ke Amerika Serikat.

pada kenyataannya Escobar adalah orang pertama yang menciptakan rute rahasia untuk menyeludupkan narkoba dari Kolombia ke Florida Amerika Serikat dan penyelundupan pertama itu berhasil, pencelupan kedua kemudian juga berhasil dan berikutnya berhasil. keuntungan yang sangat luar biasa itu menyebabkan dia menjadi seseorang yang sangat disegani di antara kriminal kriminal yang lain dan ketika dia sudah menjadi tambah kaya dia menjadi semakin banyak pengikutnya.

Sebagaimana dia selalu menjalankan filosofi hidup yang sama “kerjasama dengan saya dapet duit yang banyak banget, Tapi kalau tidak mau kerjasama dengan saya Berarti kamu adalah pesaing Saya dan kamu akan mati” begitu yang dilakukannya dan itu seiring dengan kekayaan yang bertambah dia lakukan bukan hanya kepada kriminal kriminal yang lain tetapi juga pada pihak kepolisian dan para penegak hukum yang lain.

Jadi polisi-polisi “kalau kamu macam-macam sama saya, keluarga kamu saya habisin tapi kalau kamu baik sama saya saya kasih duit banyak berkoper koper silakan” dan begitu dan bisnis narkoba itu lancar sampai dia memiliki cukup kekayaan untuk bisa membeli sekitar 15 pesawat besar dan membeli berikutnya lagi bukan untuk disewain buat penumpang dan sebagainya tapi digunakan untuk menyeludupkan narkoba dari Kolombia ke Amerika khususnya ke Florida dan setelah dia menjadi sangat-sangat kaya.

akhirnya dia menggabungkan geng-geng yang lain, mafia-mafia yang lain, kartel call yang lain diantaranya Callie dan sebagainya itu gabung ke dalam grupnya kamu tidak usah membubarkan geng kamu, mafia kamu, tapi Mari kita sama-sama bekerjasama. 

tahun 1980 jumlah kokain yang diselundupkan oleh Escobar ke Amerika Serikat itu sekitar 80 ton perbulan, bayangkan betapa besar keuntungannya akan satu kilo kokain aja itu udah sangat menguntungkan,  ini 80 ton perbulan ke Amerika Serikat, yang menyebabkan Amerika Serikat kebanjiran narkoba dan Escobar masuk ke dalam jajaran orang paling kaya pada waktu itu.

Setelah dia mendapatkan kekayaan yang sangat besar dia ternyata terlalu kuat untuk bisa dilawan oleh musuh-musuhnya baik dari penegak hukum maupun dari kriminal kriminal yang lain, ketika dia menginginkan wanita selingkuhan dan si wanita itu ternyata sudah punya pacar maka pacarnya hilang, ketika dia ditilang sama polisi maka polisinya hilang beserta keluarganya, ketika dia diselidiki oleh detektif, detektif yang hilang dan meninggal.

ketika dia Misalkan dikejar-kejar sama wartawan untuk diwawancara begini dan begitu dan menyerempet menyerempet kepada bisnis haramnya, wartawannya juga hilang. ketika dia kemudian ditangkap dan diadili oleh pengadilan begini-begitu, pengadilannya kebakaran, hakim-hakimnya meninggal, saksi saksinya juga turut meninggal.  Kan luar biasa dan ini sudah masuk level pemerintahan, Ketika ada calon presiden yang nyinyir atas Escobar maka pesawat yang ditumpanginya tiba-tiba meledak.

Hal ini yang menjadikan Escobar yang menjadi sangat kuat, penegak hukum tidak ada yang berani sama dia justru berpihak kepadanya, semua criminal ada di bawah kekuasaannya dan pemerintahan tidak mau mengusik dirinya. Satu-satunya yang pada waktu itu kemudian berani mengambil langkah itu adalah pemerintahan Amerika Serikat. Kenapa?? 

karena pemerintah Amerika Serikat itu geram karena ada warganya yang meninggal dunia dalam pemboman terhadap pesawat yang dilakukan oleh Escobar dan karena Escobar itu terbukti telah menyelundupkan sekian ton narkoba kepada Amerika Serikat maka Amerika Serikat kemudian menawarkan kepada pemerintahan Colombia, “Colombia sini saya tahu engkau tidak akan berani melawan Escobar, kalua gitu saya yang akan melakukannya”

Maka terjadi perjanjian estradiksi “kalua kamu mampu menangkap Escobar, maka silahkan bawa ke Amerika Serikat, jika kamu (pemerintahan Colombia) keseulitan menangkap Escobar maka saya (Pemerintahan AS) izin untuk memasukan tentara saya untuk mengruduk yang Namanya Escobar itu” tawaran itu tentu saja menjadi sebuah Dilema bagi pemerintahan Kolombia, karena Amerika Serikat sudah diketahui atau Amerika Serikat sudah menawarkan bantuan kemudian minta izin masuk maka itu sama dengan penjajahan. 

nah disini akhirnya rapat-rapat bingung, dan Escobar mengetahui ancaman yang sangat besar, kalau seandainya Perjanjian ekstradisi itu terjadi kalau misalkan dia dipenjara di Kolombia gak jadi masalah, tapi kalau dia kemudian dikirimkan ke Amerika Serikat itu bukan wilayah dia maka dia sebisa mungkin menghentikan perjanjian itu.

Apa yang dia lakukan? Dia melawar menjadi anggota DPR, “dia melamar hari ini, besoknya langsung jadi”karena memiliki kekayaan dan kekuatan, kemudian setelah menjadi DPR dia berusaha menghentikan pengesahan undang-undang itu, dalam rapat dia sempat di singgung dan dijelek-jelekan oleh salah satu Mentri yang Namanya Lara, Mentri itu besoknya meninggal kepalanya bolong-bolong, tapi yang jadi masalah itu kan Amerika Serikat bukan Kolombia.

Maksudnya yang memaksakan untuk undang-undang ekstradisi itu kan Amerika Serikat maka pemerintah Kolombia diancam bagaimanapun sama Escobar, tetap wacana untuk ekstradisi itu menjadi semakin menguat sampai-sampai Escobar Kemudian datang sama pemerintah Kolombia pada waktu itu.

Escobar menayakan kepada pemerintah Colombia “Berapa utang pemerintah sok sebutin aja saya lunasi semuanya, mau nggak ?” tapi ya Maaf mau dilunasi atau tidak juga ekstradi itu sudah bukan urusan pemerintah Colombia, kata Escobar “oh gtu, maka siap-siap terjadi perang”. 

Apa yang terjadi setelahnya? Ternaya Escobar itu memberikan senjata kepada masyakarakat, dan kemudian melancarkan propaganda besar “bahwa polisi itu koruptor, data-datanya jelas, siapa yang yang korupsi dan Ketika dia bertugas hanya demi uang dan sebagainya bukan demi negara bukan demi moral demi apapun begitu”

Maka ketika ada polisi lewat dan sebagainya Itu diberondong ditembak sama orang-orang sipil di Kolombia pada waktu itu dan setelah itu terjadi pemboman dimana-mana, pemboman yaitu menyasar kantor polisi menyasar di kantor-kantor pemerintahan, media massa dan sebagainya dan itu merata dimana-mana penembakan terjadi setiap hari dan jumlahnya mencapai ribuan yang meninggal. Walapun terjadi seperti tidak menjadikan semangat AS untuk menarik Escobar ke Amerika Serikat.

Kemudia Escobar memiliki strategi yang lain yaitu Escobar dating ke pemerintah menyerahkan diri dan menghentikan peperangan tapi dengan catatan Escobar di tangkap dan masukan kedalam penjara tapi penjaranya Escobar yang mempersiapkan sendiri. 

Tapi pada waktu itu pemerintah Kolombia tidak memiliki opsi lain yang lebih baik bagaimanapun, karena perangnya gak beres-beres,  Ya udah kalau gitu “Dil saya setuju kata pemerintah Colombia” maka Apa yang dilakukan Escobar?

kemudian mendirikan atau merenovasi sebuah penjara dengan sangat bagus dengan sangat mewah setara hotel bintang 10, di dalamnya ada tempat kolam renang, di dalamnya ada klub malam di dalamnya ada lapangan sepakbola dan sebagainya.  dia di sana menjadi raja, sipilnya penjaranya adalah anak buahnya begitu juga kepala penjarannya adalah anak buahnya dan Escobar sebenarnya bisa keluar masuk seenaknya karena yang didalam penjara semua itu anak buah Escobar.

 


Justru Escobar dalam penjara mampu mengembangkan bisnis narkobanya menjadi jauh lebih besar, dan ini kemudian dianut oleh pengedar narkoba diseluruh dunia, yaitu apa? Kalua ingin mengedarkan narkoba, tepat teraman untuk pengedaran narkoba itu di dalam penjara. 

Escobar pada waktu itu mendapatkan kekayaan yang jauh lebih besar, karena dia mengendalikan bisnis narkobanya itu dari dalam penjara yang dia bangun sendiri, namanya “La Catedral” tapi disinilah masalahnya, biasanya orang kalau udah terlalu sering menang itu dia lengah dan biasanya dia kemudian melakukan kesalahan-kesalahan kecil yang dampaknya terbesar, di masa dalam penjara inilah kemudian Escobar melakukan satu tindakan yang ternyata menjadi titik balik kehancurannya.

jadi mulanya itu kartel yang lain memilik kerja sama dengan Escobar yakni kartel Calie, dialam penjara geng Calie datang sama Escobar nawar nawarin ini dan sebagainya yang ternyata itu adalah sebuah kecurangan, Escobar tahu bahwa dirinya dicurangi maka kemudian dipenjara itu dia melakukan pembunuhan dengan cara yang sangat sadis terhadap orang-orang yang dianggap menghianatinya dari geng Calie itu.

beres geng Calie itu dibantai, ketahuan sama geng Calie yang ada di luar penjara dan si geng calie itulah yang kemudian dimanfaatkan oleh agen Amerika Serikat. Jadi kalau kalian nonton film Fast and Furious ada Dwayne Johnson (The Rock) yang berkerjasama dengan pemerintah.

Akhirnya geng Calie bikin kesepakatan dengan pemerintahan Colombia, semua orang-orang Callie semua kartel kartel yang lain Selain medcline itu akan dibebaskan dari seluruh tuntutan hukum, kalau mereka berani melawan Escobar. 

jadi pada waktu itu muncul sebuah kesepakatan antara Amerika Serikat agen-agen khususnya kemudian pemerintah Kolombia dan kartel kartel selain kartel medellin di bawah Escobar. semuanya akan melawan Escobar, ini perang babak baru Escobar diserang lagi penjaranya dihancurkan tapi dia berhasil melarikan diri, kemudian Escobar balik menyerang dengan pemboman besar-besaran terhadap kantor-kantor pemerintahan dan sebagainya. 

Dan perang itu terus terusan terjadi, hingga ada satu titik yang mana Escobar ketahuan kelemahannya yaitu Escobar itu adalah seseorang yang penyayang keluarga. Kemudian keluarga Escobar dicari kemudian ditangkap lalu disandra, inilah yang kemudian membuat Escobar itu Hilang Harapan, dia marah-marah kepada pemerintahan pemerintah Kolombia yang mengatakan tidak jentel kenapa keluarga saya ditangkap.

tapi apapun itu, Itulah yang kemudian menjadi titik akhir dari kehidupannya setelah keluarganya ditangkap, dia langsung melakukan perang frontal tidak sembunyi-sembunyi melakukan pemboman. Sampai akhirnya Escobar ditemukan  dengan kondisi bersimbah darah dengan peluru yang memenuhi tubuhnya, tapi banyak orang menggangap bahwa Escobar itu mati bunuh diri, maksudnya sebelum dia dibrondong dengan peluru, dia tempak kelapanya sendiri dibagian lubang telingnya. 

Sebagaimana Ketika dia diwawacara “kalua saya harus mati, saya akan bunuh diri, saya tidak mau memberikan kehormatan untuk orang lain yang bisa membunuh saya”. Ending yang membagongkan

Nah dari sini ada beberapa pesan moral yang harus kita garisbawahi  bahwa yang pertama ternyata orang yang sangat jahat sekalipun itu ternyata memiliki sisi yang sangat positif jadi misalkan Pablo Escobar yang selama cerita diatas, diceritakan tentang betapa kejinya dia, dialah yang kemudian memberikan kepada rakyat miskin ribuan rumah, kemudian gereja Panti  asuhan, sekoalahan dan masih banyak lagi terutama kebangkitan olahraga bola Pablo Escobarlah yang memberikan dana hingga lolos ke piala dunia,  semoga dan memberi pencerahan. Terima kasih alamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

 

Sumber Youtobe Guru Gembul.

-
-