Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku: The 5 Sam club by Robin Sharma "Rahasia orang sukses bangun jam 5 pagi?!-Maudy Ayunda's Booklist

 


Kepoen.com- Review Buku: The 5 Sam club by Robin Sharma "Rahasia orang sukses bangun jam 5 pagi?! Maudy Ayunda's Booklist" -Hai guys people Selamat datang di my book Leste dimana Aku sharing kisi-kisi menarik dari buku-buku yang aku baca dari semua isi buku itu aku hanya akan sering tiga Inside yang persneling menarik banget buat aku hari ini kita akan membedah buku The 5 Sam club by Robin Sharma.

Robin Sharma ini dianggap sebagai salah satu dari lima pakar kepemimpinan terbaik di dunia dan dia sering menjadi edwiser, vorsea, wrok stores.  

Nah di buku ini dia tuh mengangkat banyak cerita orang-orang yang selama bertahun-tahun berkomitmen untuk bangun pagi setiap hari dan dari bukti-bukti yang dia kumpulkan dia menunjukkan bahwa bangun pagi itu sangat sangat penting karena memberikan nada positif dan produktif untuk sisa hari kita .

Insight pertama rahasia dibalik kesuksesan yaitu bangun pagi khususnya 05. 00 nah ini invite yang menjadi judul dari bukunya. Bahwa untuk menjadi sukses kita tuh harus melakukan sesuatu yang enggak banyak orang mau lakuin, termasuk menjadikan bangun pagi sebagai satu kebiasaan. 

Nah apa sih Gunanya? di dalam buku ini ada satu Framework yang aku suka banget twinfish nanti, Nah itu dianjurkan untuk jam pertama di hari kamu, “itu tiga set 20 menit”, “20 menit pertama” kita harus melakukan latihan fisik ini bisa kamu isi dengan olahraga yoga atau anything yang membuat kamu berkeringat, karena pertama teringat membantu menghilangkan hormon rasa takut kortisol menurut saya keringat juga Memang generasi protein bdnf yang memperbaiki sel-sel koneksi neural kamu jadi kamu tuh bener-bener berpikir lebih jernih dan lebih cepat.

terus 20 menit kedua itu biasanya for selection jadi kamu bisa isi, meditasi shalat dsb dan 20 menit terakhir dianjurkan kita itu untuk belajar atau headset go.

 jadi baca buku, baca koran dan dengerin podcast, nah rutinitas ini tuh kita lakuin terus 66 hari itu waktu yang diperlukan untuk menjadi kebiasaan. jadi setelah 66 hari itu Robin menjadi automatis City Point,  dimana akhirnya udah menjadi otomatis bagi kita untuk bangun pagi

For the Second Insight adalah rahasia pencetak sejarah Robin ”capitalization IQ” pokoknya overnya ini melakukan riset yang mendalam banget dan dia menemukan bahwa orang yang hebat orang yang sukses itu enggak cuma dilahirin sama bakat atau motivasi itu aja, tapi juga bergantung oleh capitalization IQ

Seberapa jauh orang itu memanfaatkan potensi skills apapun yang dia miliki, nah para pencatat sejarah ini memberikan dedikasi dan komitmen untuk tumbuh terus dan untuk mengasah skill tersebut dan ini yang menjadi pembeda.

 aku suka banget karena ini mengingatkan aku dengan grup missed dimana kita itu untuk jadi sukses kita jangan percaya bahwa kita lahir dengan apa yang kita miliki terus kita Pasrah aja tapi kita juga harus terus tumbuh kita harus terus mengasah dan kita bisa menjadi semakin lebih baik lagi.

oke Insight yang ketiga “Taktik Eksekusi” Sebenarnya bukan Insight lebih kayak taktik-taktik yang bener-bener aku suka banget dari buku ini, pertama kalau kita mau kerja nih “Tight Bubble of Total Focus” dimana kita tuh bekerja tanpa ada gangguan apapun, misalnya nih kita, bisa set up rutinitas yang terjadwal yang berbeda jauh dari “no interactions and distraction” 

kalau misalnya kita mau fokus inwon SCBD, karena di distraction itu enggak banget dan untuk menjadi orang yang efektif kita harus bener-bener Gateway default dus clear out the questions, misalnya dikasih contoh kita tuh bisa “Sederhanakan proses-proses yang misalnya rumit” daripada ngerjain banyak Project sekaligus akhirnya kita pecah konsentrasinya, mungkin cuma ngerjain 1/2 Project aja.

ada yang kedua rule 90/90/1 ini, selama 90 hari kedepan kita harus menggunakan 90 menit pertama di pekerjaan kamu untuk melakukan hal yang prioritas dan sangat berdampak dulu, dengan melakukan ini kamu memastikan bahwa 90 menit pertama hari kamu itu sepenuhnya terfokus pada aktivitas terpenting dan ini akan memberi kamu hasil yang sangat-sangat baik.

yang ketiga adalah metode 60/10 nah di setiap jam kamu bekerja istirahatlah selama 10 menit, misalnya, jalan-jalan dulu, no screen-time ya dengan melakukan ini kita memastikan bahwa kita tuh enggak terlalu stres dan kita justru bisa lebih punya bahan bakar untuk melalui hari hari yang baru. How do we Put the Book into action? 

menurut aku sih gak harus langsung besok besok kita bangun jam 05. 00 gitu ya, tapi kita bisa mulai aja dengan baby steps atau langkah-langkah yang kecil. Kayak misalnya nih trik yang diintrodusir bukunya adalah no screen-time setelah 08.00 jadi smartphone iPad laptop semua dimatikan,  dengan membatasi waktu kayak gini kita tuh pasti lebih mudah untuk tidur.

Dan mungkin dengan tidur yang lebih awal, bisa lebih mudah bangun pagi, by the way aku juga harus mengakui bahwa ada limitations nya pastinya akan susah buat orang-orang yang “Night Owl” atau nggak bisa bangun pagi atau “Parents of young children” yang schedule tidurnya tuh pasti diluar kontrol mereka, bahwa semua orang itu ya tidak harus melakukan hal ini.

karena cara orang hidup itu berbeda-beda tapi overall Aku merasa bahwa buku ini sangat-sangat insightful sangat berguna, buat orang-orang yang kesehariannya tuh sibuk banget atau overthinkers baik overwhelmed with the day, karena ada banyak juga kok taktik-taktik dan brushless Inside yang bener membuat bangun jam lima pagi.

-
-